Riung ; Desa Cantik yang diabaikan


Desa Riung di Flores merupakan destinasi wisata yang menarik minat banyak wisatawan. Sayangnya, sekarang ia kalah pamor dengan ‘saudaranya’ alias Kepulauan Komodo. Desa Riung menjadi menarik buat saya karena ia adalah desa kecil yang bisa dijelajahi dengan berjalan kaki. Eh, tapi kalau mau main ke kampung sebelah jalan kaki jauh juga sih.
Ada apa di Riung?

Riung memiliki taman 17 pulau yang tipikalnya mirip dengan Kepulauan Komodo. Gradasi warna laut yang menyenangkan mata, bukit-bukit menjulang, langit biru yang sangat bersih, dan pemandangan bawah lautnya yang cukup cantik meski tidak spektakuler. Riung juga memiliki sebuah pulau berisi kelelawar yang katanya setiap sore akan terbang mencari makanan dan menyajikan pemandangan tersendiri untuk yang melihatnya. Sayangnya, saya sampai detik ini belum pernah berhasil menyaksikannya. Mungkin saya berada di titik yang salah? Entahlah.

Riung juga memiliki bukit superkece untuk melihat sunset, dan yang menyenangkan dari bukit ini: sepi! Wuiiiih… serasa milik sendiri. Selain itu, beberapa warga pernah bercerita kalau di Riung juga bisa dijumpai hewan komodo dengan bentuk dan warna yang sedikit berbeda dengan yang ada di Kepulauan Komodo. Sayang, hewan ini letaknya jauh dan masih sangat liar sehingga tidak bisa dilihat dengan mudah.

Riung berada di tengah-tengah pulau Flores. Untuk mencapainya membutuhkan waktu dan niat yang besar. Hehehe. Kota terdekat dari Riung yang memiliki bandara adalah Bajawa dan Ende, dari sana masih membutuhkan waktu 5 jam berkendara sebelum akhirnya tiba di desa ini. Layak nggak ke sini? Jika menginginkan bermain di tempat cantik dan juga sepi, tentu masukkan Riung ke dalam agenda bermainmu!

Articles

Bidik Wisman Kemenpar promosi di NTTYS

read more
Rendang Hitam Pamer Rasa di LA Travel Show

read more
Sales Mission Indonesia di USA

read more
PESONA INDONESIA DI NYTTS 2016

read more