Kawah Kelimutu ; Danau 3 warna


Tempat wisata ini lokasinya terletak di sebuah desa kecil bernama Moni, dan Moni sendiri berada di antara kota Ende dan Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. Biasanya wisatawan yang ingin berkunjung ke Kelimutu memilih untuk menginap di desa sejuk ini daripada harus berangkat lebih pagi dari kedua kota tersebut.

Umumnya Kelimutu dikunjungi saat menjelang matahari terbit. Wisatawan mulai bergerak sekitar pukul 03.30 dini hari dari penginapan untuk menuju ke titik terakhir yang dapat dilalui oleh kendaraan dan kemudian memulai pendakian. Pendakian menuju titik tertinggi Kelimutu sangatlah mudah. Dimulai dengan menyusuri jalan setapak sekitar 10 menit kemudian jalurnya menjadi lebar dan sekitar 10 menit berjalan kaki kita tinggal menaiki anak tangga, nah, anak tangga ini yang kadang menjadi momok untuk sebagian orang apalagi jarak antar anak tangga yang makin lama semakin tinggi. Total pendakian kira-kira 30-45 menit tergantung stamina masing-masing.

Tiba di puncak Kelimutu usahakan sebelum matahari mulai naik sehingga kita bisa mengatur napas karena kelelahan akibat pendakian di pagi buta, atur posisi kamera, atur posisi duduk dengan baik supaya kita bisa menikmati pemandangan luar biasa di depan mata dengan baik. Matahari yang naik perlahan kemudian bias cahayanya menembus awan dan memantul ke kawah itu sangat menakjubkan. Selayaknya yang kita ketahui bahwa kawah Kelimutu memilih 3 titik dengan warna yang berbeda dan sering berubah. Asiknya ke Kelimutu saat gelap kita jadi seperti mendapat kejutan sedang berwarna apakah kawah tersebut di hari itu?

Tetapi, berkunjung ke tempat wisata non buatan memiliki resiko yang tidak dapat dihindari (dan kita tidak bisa protes). Turun hujan, awan tebal, mendung saat sudah di puncak adalah kemungkinan terburuk yang sering terjadi. Berhubung Taman Nasional ini buka sejak dini hari hingga pukul 5 sore maka jika memiliki waktu yang cukup panjang kita juga bisa berkunjung saat matahari sudah di atas atau malah sore hari. Meskipun tampak repot dan melelahkan tapi mengunjungi Kawah Kelimutu perlu dimasukkan dalam destinasi yang perlu dikunjungi. Yuk, kita main ke Kelimutu, yuk?!

Articles

Bidik Wisman Kemenpar promosi di NTTYS

read more
Rendang Hitam Pamer Rasa di LA Travel Show

read more
Sales Mission Indonesia di USA

read more
PESONA INDONESIA DI NYTTS 2016

read more